Selasa, 31 Oktober 2017

DIY: Tutorial Cara Membuat Polaroid Ala-Ala di Rumah

Halo semuanya!
Berbeda dengan post sebelumnya yang kebanyakan tentang review buku atau makeup, sekarang aku mau buat tutorial cara membuat foto polaroid ala-ala di rumah. Karena aku yang tidak punya kamera polaroid ini pengen punya foto polaroid buat aku pajang di kamar haha.


1. Untuk edit foto menjadi polaroid, kalian bisa pakai aplikasi di hp seperti afterlight atau yang lain, tapi sekarang aku pakai Photoscape di PC.


Kalau sudah terbuka, kalian lalu klik Editor.

2. Kalau udah klik editor, akan terbuka seperti ini. 

Lalu kalian pilih foto apa yang mau kalian edit. Aku akan pilih foto aku sama temen aku hehe. 

3. Pertama tama, kita akan crop fotonya agar seperti foto polaroid yaitu persegi panjang (ada juga polaroid yang kotak, tapi aku akan edit persegi panjang yaa). 

Kalian klik "Crop"
Kalau kalian mau seukuran persegi panjang, pilih yang 3.5:4.5. Kalian bisa crop sesuai yang kalian suka. 
Lalu hasilnya akan seperti ini. Memang ga terlalu keliatan perbedaanya kayak foto sebelumnya karena sama-sama persegi panjang, tapi tujuan aku crop agar ukuran fotonya sama semua nantinya.

4. Sekarang kita akan memberi effect agar fotonya seperti hasil polaroid. Klik "home"
Nah, sekarang klik "Filter" lalu akan muncul kayak gini:
Klik "blur" lalu sesuaikan blurnya menjadi 0.5 agar ga burem banget.
Setelah kita klik "Okay" kita klik "Filter" lagi lalu pilih "Smart Blur (Clear Skin)
Nah hasilnya akan begini. Tujuannya agar wajah terlihat "mulus" karena kalau di foto polaroid, wajah jadi terlihat mulus sekali haha.
Berikutnya, kita klik "Filter" lagi lalu pilih "Film Effect"
Foto polaroid itu hasinya seperti ada effectnya jadi kita harus edit fotonya agar seperti foto polaroid beneran. Nah, aku pakai effect CP5.
Selain CP5, effect yang cocok juga adalah CT7. Kalau untuk effect CT7, aku biasanya ubah ke low agar ga terlalu berlebihan effectnya. 
Soal effect, kalian kalau ga cocok sama effect yang aku pilih, bisa pilih sesuka kalian kok hehe. 

5. Selanjutnya adalah bingkai polaroidnya. Kita klik tanda ini ya
Kita pilih yang ini deh.
Hasilnya jadi begini deh
Udah hampir jadi nih, tapi bagian bawahnya masih terlalu kecil. Harus kita besarin biar lebih mirip polaroid.
Kita ubah tanda ini dari 100% menjadi 200%
Hasilnya jadi begini deh. Jadi mirip polaroid, kan?

Nah, sudah selesai deh:) Ini dia before after nya:

Tinggal kalian print deh. Aku print jadi 8 x 5.5 cm. Lebih bagus kalau pakai kertas foto. Tapi kalau ga ada, bisa pakai kertas HVS kok kayak aku. Memang ga terlalu awet dan hasilnya ga sebagus pakai kertas foto, tapi kalau untuk dipajang di dinding kamar, masih keliatan bagus kok.

Kalau kalian pakai HVS, aku saranin kertas HVS nya ditempel ke kertas buffalo agar keras jadi ga mudah rusak. Seperti ini hasilnya nih:



Sekian tutorial membuat foto polaroid dari aku. Semoga membantu kalian yang mau bikin ya! Terima kasih sudah mau baca. Sampai bertemu di post berikutnya:)

P.S. Kalau polaroid Wanna One itu aku search di google hahaha

16 komentar:

  1. Kak, aku kan uda ngikutin semua caranya tapi kenapa pas diprint fotony jd beda ukuran ya? Mohon di jawab ya kak:) trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiii maaf baru liat:( pas di print beda ukuran maksudnya gimana yaa??? jadi ada yang besar atau kecil gitu? mungkin kamu bisa atur dulu sebelum print di ms. word ukuran fotonya biar sama

      Hapus
  2. Kak pas smartblurnya diatur ke berapa? 0.5 juga kah?

    BalasHapus
  3. Printnya pake print biasa yang buat ngeprint kertas apa print print an yang lain?

    BalasHapus
  4. Kak Febiola Nanda, thank you untuk tutorial nya. Aku coba edit pakai
    app afterlight aja. Untuk print nya bisa pakai ukuran 2R atau 8cm x 5.5cm ka?

    BalasHapus
  5. waah makasi banyak kakakk

    BalasHapus
  6. Tolong kasih Tau Gimana cetak photo polaroid Sendiri di leptop

    BalasHapus
  7. Kak bikin backgroundnya supaya item gmana ya?

    BalasHapus
  8. Makasih banyak tutorial nya loh kak :) ini sangat bermanfaat banget buat aku untuk bisnisku .

    BalasHapus
  9. Bagi saya yang ingi belajar polarodi cukup membantu apalagi klo di tambah video lebih bagus ini hehe

    BalasHapus
  10. Terimakasih banyak yaa !!

    BalasHapus
  11. Kak, tepi2 yg kosong itu jadi abu2 ya warnanya? caranya supaya jd warna putih gimana ya?

    BalasHapus